Slider

Minggu, 11 Mei 2014
0 komentar

Malam Penutupan dan Diskusi Europe on Screen 2014-Aceh

07:12
Malam Penutupan dan Diskusi Europe on Screen 2014-Aceh
Minggu (11 Mei 2014) setelah pemutaran film Wadjda



Minggu (11 Mei 2014) menjadi hari terakhir pemutaran dan Festival Film Eropa (Europe on Screen) 2014. Festival yang dimulai sejak tanggal 2-11 Mei ini berlangsung di sembilan kota di Indonesia. Di Aceh, festival berlangsung sejak tanggal 9-11 Mei.

Putra, panitia dari Komunitas Tikar Pandan, menuturkan bahwa akan ada acara Malam Penutupan dan Diskusi Film yaitu setelah pemutaran film Wadjda. Film ini dijadwalkan akan diputar pukul 19:00 WIB atau setelah waktu shalat. Pembicara diskusi adalah Rosnida Sari, penulis buku Traveler Perempuan dan pengajar di UIN Ar-Raniry.

Di Jakarta, penutupan secara resmi juga akan dilaksanakan pada Minggu (11/5) pukul 19:30 WIB, di Erasmus Huis, dengan memutar film The Shooter. Film ini sebelumnya juga sudah diputar di Aceh pada hari Jumat (9/5).

Film yang akan diputar pada hari Minggu ini di Aceh adalah: Alfie the Little Werewolf (Belanda) pada pukul 14:00 WIB; More Than Honey (Swiss) pada pukul 16:30 WIB; dan Wadjda (Jerman) pada pukul 19:00 WIB atau setelah Magrib.

Bagi yang tertarik datang dapat menghubungi Putra (085262673007) atau mengantri karcis satu jam sebelum jadwal pemutaran. Putra, dalam rilisnya, juga mengucapkan terima kasih mewakili seluruh panitia di Jakarta dan Aceh, kepada para penonton dan semua pihak yang menyukseskan acara ini. “Sampai jumpa di pemutaran dan festival selanjutnya”, ujarnya.

Acara ini merupakan kerja sama antara Uni Eropa, Indonesian Film Center (IdFilmCenter), dan khusus di Aceh, bermitra dengan Komunitas Tikar Pandan, Episentrum Ulee Kareng, Aneuk Mulieng Publishing, Sekolah Menulis Dokarim, Kedai Buku Dokarim, Metamorfosa Institute, Epicentrum Entertainment, Komunitas Kanot Bu, Banda Aceh Membaca, LPM Perspektif Unsyiah, Aliansi Jurnalis Independen Kota Banda Aceh, Muharram Journalism College, Himpunan Mahasiswa Komunikasi Universitas Syiah Kuala, English Department Student Association (EDSA) UIN Ar-Raniry, Komunitas Kamera Lubang Jarum Aceh (Mata Nanggroe), Suara Komunikasi.com, ruangrupa, IloveAceh, Banda Aceh Info, Aceh Women for Peace Foundation, Radio Flamboyant FM, dan Liberty Language Center.

Untuk informasi program dapat menghubungi Putra (085262673007) dan melihat lini massa @pustakaTP, situs www.tikarpandan.org, dan laman Facebook Liga Kebudayaan Tikar pandan.[]

Sinopsis

Minggu (11/5), pukul 14:00 WIB, Alfie the Little Werewolf (Belanda)
Netherlands / 2011 / 89 min. / G (Semua Umur)

Trailer dan infonya: Alfie

Di malam ulang tahunnya yang ketujuh, Alfie tiba-tiba berubah menjadi serigala kecil berbulu putih. Di bawah sinar bulan purnama, ia mengejar ayam-ayam dan bebek. Keesokan paginya, Alfie terbangun sebagai dirinya sendiri. Alfie tidak tahu apa yang terjadi. Khawatir orangtuanya tidak dapat menerima perubahan ini, Alfie merahasiakan identitas barunya. Tapi menyimpan rahasia itu tidak akan semudah yang ia bayangkan, karena bulan purnama akan mengganggunya setiap bulan.

ALFIE, THE LITTLE WEREWOLF adalah film unik dan ringan tentang anak laki-laki yang belajar menghadapi perubahan dalam kehidupan, ketika dipaksa keadaan untuk menerima sisi lain (manusia serigala) dalam dirinya. Dibuat berdasarkan serial populer karangan penulis cerita anak-anak asal Belanda, Paul van Loon, film ini cocok untuk hiburan keluarga. ALFIE, THE LITTLE WEREWOLF menerima penghargaan Golden Film sebagai salah satu film terlaris di Belanda tahun 2011 dan memenangkan Film Anak-anak Terbaik pada Tallin Black Nights Film Festival 2012.



Minggu (11/5), pukul 16:30 WIB, More Than Honey (Swiss)
Switzerland / 2012 / 95 min. / G (Semua Umur)

Trailer dan infonya: Honey (http://europeonscreen.org/films/more-than-honey/)

‘Colony Collapse Disorder’ adalah sebuah fenomena mengerikan di mana koloni lebah mati dalam jumlah besar secara tiba-tiba. Populasi lebah dunia kini tengah merosot drastis.
MORE THAN HONEY membawa kita ke dalam sarang lebah madu dan memperlihatkan tatanan sosial lebah yang sangat teratur. Sebuah koloni lebah dapat diumpamakan sebagai seekor binatang raksasa. Lebah pekerja berfungsi sebagai badan, sementara pejantan dan sang ratu seumpama organ seks pria dan wanita. Lebah-lebah memang makhluk luar biasa.
Film ini bukan sekedar dokumenter bergambar cantik: film ini adalah sebuah peringatan keras. Jika lebah-lebah punah dari muka bumi, manusia hanya akan bertahan hidup selama empat tahun.  Disutradarai dan ditulis oleh Markus Imhoof, film ini memberi gambaran sebuah dunia tanpa lebah. Dengan sinematografi yang indah dari Jörg Jeshel, MORE THAN HONEY adalah kisah horor memilukan yang menyoroti koloni lebah diambang kepunahan.

official website : 


Minggu (11/5), pukul 19:00 WIB, Wadjda (Jerman)
Germany / 2012 / 98 min. / 12+ (Remaja)

Trailer dan infonya: Wadjda

Wadjda (10 tahun) tinggal di pinggir kota Riyadh. Dia ingin sekali punya sepeda supaya bisa balapan dengan anak tetangganya, tapi ibunya (Reem Abdullah) tak mau membelikan. Dia memutuskan untuk mencari uang dan membeli sepeda sendiri. Ketika nyaris putus asa, ada lomba baca Qur’an di sekolahnya yang berhadiah uang. Wadjda kemudian belajar mengaji dengan giat supaya bisa menang dan bisa beli sepeda.

Wadjda tidak hanya feature pertama karya Haifaa Al Mansour, tapi juga feature pertama yang disutradari oleh perempuan dari Arab Saudi, dan didanai oleh Jerman. Film ini merupakan sebuah film yang sederhana, padat, dan sangat berpengaruh yang disutradai seluruhnya melalui walkie-talkie dari dalam mobil van. Film ini memberikan kita realitas sehari-hari seorang wanita di sebuah negara yang dengan kaku membatasi apa yang bisa dilakukan. Dengan kecerdasan yang mengesankan, Haifa Al-Mansour menampilkan manuver antara kerasnya realita dan jenis penceritaan yang penuh harapan.


official website : 







Berita Terbaru

 
Top