Slider

Rabu, 22 Oktober 2014
0 komentar

[Pendaftaran Penonton] ScreenDocs! Regular, "“Masked Monkey: The Evolution of Darwin's Theory”", Jumat, 24 Oktober 2014, Pukul 16.10 WIB

10:43


ScreenDocs! Regular
Jumat, 24 Oktober 2014
Pukul 16.10 WIB
Film “Masked Monkey: The Evolution of Darwin's Theory
Ismail Fahmi Lubish, 110 menit, 2013, Remaja

Sila mendaftar di tautan ini:

Formulir


Film “Masked Monkey: The Evolution of Darwin's Theory”
Ismail Fahmi Lubish, 110 menit, 2013, Remaja

Film Masked Monkey merupakan salah satu film dokumenter bermutu tinggi yang membuat
kita mengalami sesuatu yang luhur-pemahaman bahwa pengalaman yang didapat dari perjalanan tersebut memberi kenikmatan mata laksana musik bagi telinga, tapi sekaligus bercampur kengerian, dan sering kali kesedihan.

Pendapat umum yang biasa kita dengar tentang teori evolusi Darwin adalah bahwa manusia berasal dari kera. Film ini menjajaki kemungkinan bahwa dua spesies ini beranjak dari asal yang sama dan menemukan kesamaan antar mereka. Sang pembuat film mengambil pendekatan yang tak lazim dengan cara mengamati pertunjukan topeng monyet di Jakarta. Para dalang melatih monyet-monyet mereka untuk bersikap seperti manusia. Sama halnya dengan manusia, yang sebenarnya dilatih oleh lingkungan dan masyarakat untuk bersikap sesuai dengan aturan serta nilai tertentu. Jika para monyet dikendalikan oleh dalangnya, maka sang dalang juga dikendalikan oleh bos mereka.


Ismail Fahmi Lubish adalah seorang sutradara dan sinematografer lulusan Institut Kesenian Jakarta. Sejak tahun 1998 ia memutuskan untuk berfokus pada pembuatan film dokumenter. Ismail pernah bekerja sebagai sinematografer untuk sutradara ternama, Leonard Retel Helmrich, di mana film-film kerja sama mereka memenangi banyak penghargaan internasional. Film ini telah diikutsertakan dan diputar di Rotterdam International Film Festival 2014 dan Chopshots Documentary Film Festival 2014.

Berita Terbaru

 
Top