Slider

Jumat, 14 Februari 2014
0 komentar

Tentang Kami

07:18
Komunitas Tikar Pandan (KTP) didirikan pada tahun 2002, oleh beberapa anak muda dan seniman dari pelbagai universitas di Aceh. Selanjutnya komunitas ini tumbuh sebagai or­ganisasi berbentuk Liga Kebudayaan: suatu gabungan dari beberapa organisasi yang konsern dengan persoalan kebudayaan di Aceh. Adapun organisasi yang bergabung dalam Liga Kebuda­ya­an adalah: Sekolah Menulis Dokarim, Toko Buku Dokarim, Metamorfosa Institute, Jurnal Ke­bu­dayaan Gelombang Baru (dulu bernama TITIK TOLAK), TV Eng Ong (dulu bernama Komu­ni­tas Tukang Cerita PMTOH Modern), Episentrum Ulee Kareng, dan Penerbitan Aneuk Mulieng Pub­lis­hing.

Pada tahun 2011 silam, KTP bersama dengan beberapa lembaga penggiat hak asasi ma­nusia membentuk konsorsium dan mendirikan Museum HAM Aceh (Aceh Human Rights Museum). KTP telah melaksanakan be­berapa program seperti kampanye perdamaian, resolusi konflik, dan isu lainnya bersama dengan TV Eng Ong yang telah menjangkau hampir seluruh kabupaten/kota di Aceh; mendirikan se­kolah menulis yang mendidik puluhan generasi angkatan baru penulis Aceh dan menerbitkan bu­­ku/jurnal kebudayaan; menciptakan perpustakaan baik berwujud perpustakaan keliling mau­pun perpustakaan permanen di beberapa kabupaten/kota di Aceh; mendidik generasi muda di be­­be­ra­pa kabupaten/kota di Aceh resolusi konflik dan perdamaian dengan medium teater partisipatif; pe­mu­tar­an film misalnya Festival Film Arab, Iran, Eropa, Jerman, Indonesia, Aceh, dan film-film berbasis isu tertentu se­ca­ra reguler; melakukan riset/kajian kebudayaan dan me­mub­li­kasikannya; melaksanakan semi­nar­/­diskusi/kuliah umum/bedah buku/festival penulis lokal dan internasional; menggelar pameran se­ni rupa; dan aktivitas terkait lainnya.


KTP juga mengelola sebuah bioskop alternatif—dalam ruang atau luar ruang, dalam bentuk permanen dan bergerak—yang selama ini rutin melaksanakan pemutaran film dan diskusi. Film yang diputar berasal dari beragam genre baik produksi lokal, nasional, maupun internasional. KTP telah bekerja sama dengan beberapa institusi di antaranya: Uni Eropa dalam program "Festival Film Eropa"; In-docs dalam program “Screendoc! Regular”; Goethe-Institut Jakarta dalam program “Pendek dan Bagus”, “Klima.Kultur.Wandel”, “Festival Film Bencana Aceh”, dan Pemutaran Film Jerman setiap bulannya (sejak 2013-sekarang); ICTJ dalam program “Pemutaran Film HAM”; Ruang Rupa dalam program “Gerobak Bioskop”; ELSAM, Maarif Institute, kotakhitam forum dalam program “Sejarah, Budaya, dan Kekerasan”; Japan Foundation dalam program “Cinema Caravan” dan “Festival Film Bencana Aceh”; dan lembaga lainnya dalam beberapa seri program pemutaran film. Film yang diputar bersumber dari mitra atau merupakan koleksi dari anggota KTP dan diputar secara berkala dalam setiap bulannya. 

Berita Terbaru

 
Top