Slider

Senin, 22 September 2014
0 komentar

Cang-pilem! Musik

21:25


Pemutaran dan Diskusi Film Perancis “A Visit to Ali Farka Toure”, Rabu (24/9), pukul 16.00 WIB. Pembicara diskusi adalah Moritza Thaher, pendiri dan Kepala Sekolah Musik Moritza. Pemutaran film ini bertempat di Episentrum Ulee Kareng, Jl. Tgk. Menara VIII, No. 8, Garot, Aceh Besar (depan Kantor Pemadam Kebakaran Kota Banda Aceh). Acara ini tanpa karcis. Kategori film: Remaja. Pendaftaran penonton di situs www.tikarpandan.org. Informasi: Ramol (085260034932).

Komunitas Tikar Pandan bekerja sama dengan Institut Français Indonesia (IFI),dalam seri Cang-pilem!–pemutaran dan diskusi film–bulan September ini akan memutarkan film "A Visit to Ali Farka Toure". Film dokumenter berjudul asli “Ali Farka Touré-Le miel n'est jamais bon dans une seule bouche” ini diproduksi tahun 2002 dan disutradarai oleh Marc Huraux.

Film dokumenter ini mengikuti perjalanan penyanyi dan gitaris legendaris dari Afrika, Ali Farka Touré (yang meninggal pada 2006 silam) saat dia kembali ke rumahnya dan akar musiknya di Niafunké, Mali. Dia lahir dengan nama lahir Ali Ibrahim Touré. Ali pernah memenangkan Grammy Award dua kali. Ali melihat sosoknya sekarang sebagai petani dan pecinta keluarga, yang mencoba meningkatkan kondisi agrikultur dan sosial di Timbuktu. Tempat ini sangat berkekurangan. Ali dikenal sebagai legenda terutama dalam menghubungkan musik blues Amerika dan musik gitar asli di Mali. Dia akhirnya memopulerkan aliran yang dikenal sebagai Blues Mali. Martin Scorsese, salah seorang sutradara film Amerika Serikat menyebut gaya musik Ali sebagai “DNA-nya musik blues”.

Pemutaran dan diskusi film ini akan dilaksanakan pada hari Rabu (24/9), pukul 16.00 WIB. Pembicara diskusi adalah Moritza Thaher, pendiri dan Kepala Sekolah Musik Moritza. Pemutaran film ini bertempat di Episentrum Ulee Kareng, Jl. Tgk. Menara VIII, No. 8, Garot, Aceh Besar (depan Kantor Pemadam Kebakaran Kota Banda Aceh). Acara ini tanpa karcis. Kategori film: Remaja. Pendaftaran penonton di situs www.tikarpandan.org. Informasi: Ramol (085260034932).

Acara ini merupakan kerja sama antara Komunitas Tikar Pandan, Institut Français Indonesia, Polyglot Indonesia-Chapter Aceh, ruangrupa, Liberty Language Center, Aneuk Mulieng Publishing, Episentrum Ulee Kareng, Sekolah Menulis Dokarim, Kedai Buku Dokarim, Metamorfosa Institute, Epicentrum Entertainment, LPM Perspektif Unsyiah, Aliansi Jurnalis Independen Kota Banda Aceh, Muharram Journalism College, Himpunan Mahasiswa Komunikasi Unsyiah, IloveAceh, Banda Aceh Info, Infoscreening.[]

Jika ingin melihat cuplikan film di: Youtube.






Berita Terbaru

 
Top