Slider

Kamis, 14 Agustus 2014
0 komentar

Festival Film German Cinema 2014 - Aceh

15:30


Festival Film German Cinema 2014 di Aceh akan dilaksanakan pada Minggu, 24 Agustus 2014. 

Sinopsis film yang diputar adalah sebagai berikut.

1. Sesi 1, 14.00 WIB, Kaddisch für einen Freund

Film cerita // 94 menit // Jerman, 2011

Sutradara: Leo Khasin // Pemeran: Ryszard Ronczewski, Neil Belakhdar, Neil Malik Abdullah, Sanam Afrashteh, Kida Khodr Ramadan

Tumbuh di tengah kamp pengungsi, remaja berusia 14 tahun Ali Messalam (Neil Belakhdar) sudah belajar membenci “Yahudi“ dari kecil. Setelah berhasil keluar dari Lebanon, akhirnya keluarganya mendapat tempat tinggal di daerah Kreuzberg, di Berlin, Jerman. Ali segera mencoba berteman dan masuk lingkungan permainan anak-anak muda di lingkungannya. Namun, hal itu ternyata tidak mudah. Ia harus membuktikan dulu keberaniannya. Sebagai ujian, ia diminta oleh teman-temannya mendobrak flat tempat tinggal seorang Yahudi-Rusia pensiunan tentara, Alexander (Ryszard Ronczewski). Bersama-sama mereka merengsek masuk dan mengobrak-abrik segala perabotan dalam flat itu. Sialnya, Alexander pulang lebih awal dari yang mereka perkirakan dan berhasil mengenali Ali sebagai salah satu penjahat cilik yang masuk ke rumahnya. Alexander melaporkan Ali ke polisi. Untuk dapat melepaskan diri dari tuntutan termasuk ancaman deportasi yang mengikutinya, hanya ada satu cara, Ali harus mendekati dan meminta dukungan dari orang tua yang dibencinya itu. 

Penulis skenario dan sutradara Leo Khasin menceritakan dalam film debutnya mengenai konflik antara bangsa Arab dan Yahudi, yang kali ini mengambil tempat di sebuah gedung tempat tinggal di Berlin, tempat dua keluarga menjadi tetangga di dua lantai yang bersinggungan. Filmnya adalah sebuah pernyataan untuk melawan kebencian antarmanusia, baik dalam konteks lokal maupun global, yang diceritakan dengan penuh kehati-hatian namun hidup dan dinamis. 

Leo Khasin lahir pada 1973 di Moskwa, telah tinggal di Jerman sejak berusia sembilan tahun. Setelah menyelesaikan kuliah kedokteran gigi, awalnya ia bekerja sebagai dokter gigi di Berlin. Pada 2000 sampai 2001 Khasin belajar di Kaskeline Filmakademie Berlin. Film yang menjadi tugas akhirnya di sana, Liebe Mutter, ditampilkan di festival film Wismar dan mendapat penghargaan khusus Film Pilihan Penonton. Khasin mengerjakan cerita untuk film pertamanya Kaddisch für einen Freund sejak 2006. Selama beberapa tahun ia pernah bekerja sebagai dokter gigi di Berliner Mehringplatz, lingkungan yang menjadi latar belakang terjadinya kisah dalam film ini.

2. Sesi 2, 16.30 WIB, Das merkwürdige Kätzchen (The Strange Little Cat)
Film cerita // 72 menit // Jerman, 2013

Sutradara: Ramon Zürcher // Pemeran: Jenny Schily, Anjorka Strechel,
Mia Kasalo, Luk Pfaff, Matthias Dittmer, Armin Marewski, Leon Alan Beiersdorf, Sabine Werner, Kathleen Morgeneyer, Monika Hetterle, Gustav Körner, Lea Draeger

Karin (Anjorka Strechel) dan Simon (Luk Pfaff) mengunjungi orangtua dan adik mereka Clara. Malam itu mereka berencana makan malam bersama, beberapa kerabat lain juga diundang. Setiap orang ambil bagian mempersiapkan berbagai macam hal, sesuatu yang pasti bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari keluarga pada umumnya. Ada ipar yang memperbaiki mesin cuci, Clara yang menulis daftar belanja, Ibu (Jenny Schily) mempersiapkan makanan dan dua hewan peliharaan berkeliaran di dalam rumah. 

Namun, situasi yang agresif terasa melingkupi semua orang. Tidak ada satu pun dari mereka tampak bahagia sepenuhnya, terutama sang Ibu. Tetapi, ketidakharmonisan laten itu tidak sampai meledak menjadi pertengkaran. Ada kedekatan di antara semua orang, ada percakapan, meski kata-kata yang diucapkan mereka cenderung berakhir menjadi monolog atau malah menggantung buntu. The Strange Little Cat adalah sebuah eksperimen seorang sutradara muda yang mendekonstruksi kejadian sehari-hari sebuah keluarga. 


Laman resmi film

Ramon Zürcher lahir pada 1982 di Aarberg, Swiss. Ia belajar seni di Hochschule der Künste Bern (HKB) di Swiss antara tahun 2002 sampai 2005 dengan pengkhususan Video. Pada 2005 ia mendapat penghargaan seni rupa Kiefer Hablitzel Preis untuk karya-karya video seninya. Sejak 2006 ia belajar penyutradaraan di Deutsche Film- und Fernsehakademie Berlin (DFFB). The Strange Little Cat adalah film panjang pertamanya.

3. Sesi 3, Pukul 20.00 WIB, Was bleibt (Home for the Weekend)

Film cerita // 88 menit // Jerman, 2012

Sutradara: Hans-Christian Schmid // Pemeran: Lars Eidinger, Corinna Harfouch, Sebastian Zimmler,
Ernst Stötzner, Picco von Groote, Egon Merten, Birge Schade, Eva Meckbach

Günter (Ernst Stötzner) dan Gitte (Corinna Harfouch) tinggal di satu villa indah di tengah alam dan senang sekali ketika Marko (Lars Eidinger), anak lelaki mereka yang telah lama tinggal di Berlin, datang mengunjungi mereka bersama si Zowie, cucu tercinta. Anak-anaknya sudah mapan. Marko sedang ada di awal karirnya sebagai seorang penulis; adiknya Jakob (Sebastian Zimmler) membuka tempat praktek dokter gigi yang modern di daerah sekitar situ. Semuanya tampak lancar dan stabil. Sampai satu hari Gitte, yang selama ini berada di bawah pengobatan karena depresi, mengatakan bahwa dia merasa sudah sembuh dan tak perlu makan obat lagi. Anggota keluarga yang lain melihat hal ini sebagai satu sinyal bahaya. Keluarga ini pun pecah. 

Dengan sekumpulan aktor dan aktris kelas atas Jerman, sutradara Hans-Christian Schmid dalam karyanya Home for the Weekend menyuguhkan tercerai berainya satu keluarga dalam beberapa hari saja, namun juga bagaimana mereka berusaha saling menemukan kembali. Setelah film-film sukses seperti Requiem (2006) dan Sturm (2009), film Home for the Weekend adalah kerja sama ketiga antara Schmid dan penulis skenario Bernd Lange. Film Home for the Weekend ditampilkan perdana dalam kesempatan Festival Film Internasional Berlin Ke-62 pada 2012. 


Laman resmi film

Hans-Christian Schmid lahir pada 1965 di daerah wisata di Bayern, Altötting. Dia belajar film di Hochschule für Fernsehen und Film di Munich. Pada 1989 ia membuat film pertamanya Sekt oder Selters, yang mendapat penghargaan di Festival Film Independen di Osnabrück. Terobosan dibuatnya dengan film Nach Fünf im Urwald yang merupakan film bioskop pertamanya. Untuk skenario film Nur Für eine Nacht dia, bersama dengan Michael Gutmann, mendapat Penghargaan Singa Emas Televisi RTL 1997 dan Adolf-Grimme-Preis.

Pendaftaran
Seluruh pemutaran film gratis.
Bagi yang tertarik mendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran online di tautan berikut ini. 
Tempat terbatas. Bagi yang sudah mendaftar dan dikonfirmasi panitia, tiket nantinya dapat diambil sejak satu jam sebelum pemutaran.
Tiket on the spot hanya disediakan dan dibuka jika masih tersedia kursi penonton.
Semua film dalam terjemahan bahasa Inggris. Kategori Dewasa (D).  


Pemutaran berlangsung di Episentrum Ulee Kareng: Jl. Tgk. Meunara VIII, No. 8. Garot. Aceh Besar (masuk melalui jalan depan Kantor Pemadam Kebakaran Kota Banda Aceh).

Acara ini terlaksana berkat kerja sama Komunitas Tikar Pandan, Goethe-Institut Jakarta, Episentrum Ulee Kareng, Sekolah Menulis Dokarim, Polyglot Indonesia Chapter Aceh, LPM Perspektif Unsyiah, Aliansi Jurnalis Independen Kota Banda Aceh, Muharram Journalism College, IloveAceh, Banda Aceh Info, Suarakomunikasi.com, dan AJNN.net

Untuk informasi program dapat menghubungi Putra (085262673007) dan melihat lini massa @pustakaTP, situs www.tikarpandan.org, dan laman Facebook Liga Kebudayaan Tikar pandan.

Berita Terbaru

 
Top